Mengupas Profil Ujang Endin dan Dadang Solihat: Pasangan Unggulan di Pilbup Pangandaran 2024

Ujang Endin dan Dadang Solihat. (Foto: Istimewa)

Pangandaran - Kontestasi Pilbup Pangandaran 2024 diikuti oleh dua pasangan calon, jika keduanya berhasil memenuhi berbagai persyaratan. Salah satu pasangan tersebut adalah Ujang Endin Indrawan dan Dadang Solihat.

Pasangan ini memiliki latar belakang yang sama sebagai birokrat. Ujang Endin Indrawan saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Pangandaran untuk periode 2021-2024, mendampingi Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

Sebelum menjadi Wakil Bupati, Ujang, yang akrab disapa UE, adalah seorang ASN di lingkungan Pemkab Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran. Berikut profil lengkap dari Ujang dan Dadang.


Profil Calon Bupati Pangandaran

- Nama: H. Ujang Endin Indrawan, S.H

- Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 24 Juni 1963

- Alamat: Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Ujang Endin menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Margacinta pada tahun 1969-1975, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Ciamis pada tahun 1976-1979. Setelah itu, ia menyelesaikan pendidikan menengah di SMA Negeri 1 Ciamis pada tahun 1979-1989. Ujang kemudian melanjutkan pendidikan tinggi dengan meraih gelar Sarjana Hukum dari Uninus pada tahun 1989, dan memperoleh gelar Magister Hukum dari STHG Tasikmalaya pada tahun 2015.

Karier ASN Ujang dimulai di Pemkab Ciamis sebagai Plt. Kasubag Penyimpanan Data dan Distribusi pada Bagian Perlengkapan Setda Ciamis pada tahun 2000. Selama kariernya, ia beberapa kali menjabat posisi penting, termasuk sebagai Kasubid Ekonomi Bappeda Kota Banjar, dan akhirnya sebagai Kepala Bappeda Pangandaran sebelum pensiun dini pada tahun 2020 untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pangandaran.

Di luar pemerintahan, Ujang aktif di organisasi masyarakat sebagai Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan Ketua Forum Komunikasi Putra TNI/Polri (FKPPI) Kabupaten Pangandaran.

Pada Pilbup Pangandaran 2020, Ujang dianggap sebagai kuda hitam karena tidak banyak disebut dalam radar bacabup. Namun, ia dan Jeje Wiradinata berhasil meraih suara terbanyak dengan 138.152 suara, mengungguli pasangan Adang Hadari-Supratman yang meraih 128.187 suara.


Profil Calon Wakil Bupati Pangandaran

- Nama: H. Dadang Solihat

- Tempat, Tanggal Lahir: Cijulang, 20 Juli 1973

- Alamat: Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

Dadang Solihat lahir di Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang. Ia menempuh pendidikan dasar di SD Cibanten IV dan lulus pada tahun 1985. Selanjutnya, ia melanjutkan ke SMPN 1 Cimerak dan lulus pada tahun 1998, kemudian menamatkan sekolah di Swasta PGRI pada tahun 1991, sebelum melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Siliwangi.

Karier Dadang sebagai ASN dimulai pada tahun 1998 sebagai tenaga pengajar, dengan jabatan terakhirnya sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pangandaran pada tahun 2022. Namun, Dadang memilih pensiun pada pertengahan 2024 untuk mengikuti kontestasi Pilkada.

Di luar karier birokrat, Dadang juga aktif di dunia usaha dengan merintis bisnis fesyen sejak masih menjadi guru. Bisnisnya, yang dikenal dengan nama "Dadang Okta," kini telah berkembang mencakup properti, sewa alat berat, dan toko material.

Selain itu, Dadang juga aktif di organisasi masyarakat, termasuk menjabat sebagai Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) PCNU Pangandaran, Ketua IMI Pangandaran, serta aktif di dunia otomotif dan olahraga, seperti PSSI dan ProLiga Voli.

Pasangan Ujang Endin-Dadang Solihat resmi mendaftar ke KPU Pangandaran pada Kamis, 29 Agustus 2024. Mereka didukung oleh tujuh partai politik, yaitu PKB, Gerindra, PKS, Golkar, PPP, Hanura, dan PSI. Pasangan ini mengusung tagline "Hudang" yang berarti bangkit dari kondisi keterpurukan, dengan slogan "Pangandaran Bangkit, Maju, Sejahtera dan Merata."

 

Harta Kekayaan Ujang-Dadang dalam LHKPN

Berikut adalah laporan harta kekayaan yang dilaporkan oleh Ujang Endin dan Dadang Solihat pada 31 Desember 2022:

1. Ujang Endin Indrawan

   - Total harta kekayaan: Rp 5,4 miliar

   - Aset terbesar: 77 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 3,7 miliar serta 6 unit alat transportasi dan mesin, termasuk truk dan alat berat.

2. Dadang Solihat

   - Total harta kekayaan: Rp 22,9 miliar

   - Aset terbesar: 85 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 19,4 miliar, serta 21 unit alat transportasi dan mesin, termasuk truk, alat berat, dan motor trail.

Pasangan ini siap bersaing dalam Pilkada Pangandaran 2024 melawan pasangan Citra-Ino, membawa visi untuk membangkitkan Pangandaran menuju kesejahteraan yang merata.

Terima kasih atas masukannya

Lebih baru Lebih lama

Terkini